Pahlawan Energi : Upaya Selamatkan Negeri

Indonesia sebagaimana yang kita ketahui akan kehabisan cadangan energinya dalam 15-25 tahun mendatang. Demi mencegah kekurangan energi di masa depan, kita harus mulai memulai penghematan energi supaya nanti kita tidak harus mengimpor energi dari negara lain.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga menyadari akan hal ini. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi, Kementerian ESDM mengadakan sebuah lomba bernama Home and School Energy Efficiency Champions atau disingkat HSEEC. HSEEC sendiri adalah lomba yang dilaksanakan di sekolah dan rumah masing-masing peserta dengan indikator penilaian berupa jumlah kapasitas listrik yang digunkana dalam sebulan yang akan terus dipantau selama tiga bulan.

Untuk pertama kalinya SMART Ekselensia berkesempatan untuk mengikuti lomba HSEEC. Kesempatan perdana ini tak lepas dari dukungan sekolah Madania yang mempercayai SMART Ekselensia sebagai sister school mereka. Dengan kata lain, Madania menjadi mother school bagi SMART EI atau sekolah yang merekomendasikan SMART untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Dalam pelaksanaan perlombaan ini, sekolah yang mengikuti ajang HSEEC diharuskan memiliki jiwa kepahlawanan energi. Pahlawan energi sendiri merupakan siswa yang bertugas untuk mengawasi penggunaan energi di sekolah seefisien mungkin. Dalam menjalankan tugas tersebut, pahlawan energi didukung oleh manajer energi yang menjadi mentor dalam menjalankan tugas mereka. Saat ini, manajer energi sendiri dipegang oleh Ustazah Nayla dan Ustazah Ina (Avicenna) yang oleh petinggi SMART dianggap mampu untuk mendampingi para pahlawan energi.

Tentunya keberhasilan kita dalam menghemat energi akan berpengaruh besar di masa mendatang. Bukan sekadar memberikan nilai kebanggaan semata apabila SMART EI berhasil menjuarai ajang ini. Akan tetapi lebih dari pada itu, dengan berhasilnya SMART Ekselensia pada ajang ini, berarti SMART telah berhasil menanamkan jiwa-jiwa hemat energi. Mari selamatkan bangsa ini dari krisis energi!

+DUA BELAS DETIK - AL-GHIFARI FARHAN M.-

Comments

  1. Dukung selalu SMART Ekselensia agar dapat memenangkan even 3 bulan ini ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap! Dan saya selalu dukung lomba yang dilakukan oleh sekolah lama saya. :)

      Delete

Post a Comment