Semangat Baru Ujian Nasional


Ujian nasional kali ini yang pasti lebih baik, sepertinya ngga ada resiko kesalahan dalam penulisan jawaban.” ujar Indra Syahputra, salah seorang siswa kelas tiga SMP SMART Ekselensia Indonesia menanggapi pelaksanaan Ujian Nasional SMP yang menggunakan sistem komputer.
Di tahun-tahun sebelumnya, siswa SMART Ekselensia menjalani ujian nasional menggunakan kertas. Akan tetapi, mulai tahun 2016 ini siswa kelas tiga SMP SMART Ekeselnsia Indonesia melaksanakan ujian naional berbasis komputer (UNBK). Penyelenggaraan UNBK ini dilaksanakan bersamaan dengan ujian nasional yang berbasis kertas yaitu senin-kamis, 9-12 mei 2016 yang berlangsung di laboratorium bahasa SMART Ekselensia Indonesia.
Sebelum melaksanakan UNBK ini, terdapat berbagai persiapan yang dilakukan oleh sekolah maupun siswa-siswa. Dari sisi sekolah, persiapan yang dilakukan adalah penyiapan perlengkapan pelaksanaan UNBK seperti komputer dan server. Sekolah juga mempersiapkan proktor berpengalaman yang bertugas menjadi admin dalam UNBK di sekolah. Siswa juga tidaka luput dari berbagai persiapan. Mulai dari latihan pengerjaan soal UN, bimbingan belajar tambahan, serta berdoa untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Pada hari pelaksanaan UNBK sendiri berlangsung lancar. Siswa-siswa dengan yakin dan semagat mengerjakan soal-soal yang diujikan dalam UNBK kali ini. Hasil-hasil terbaik menjadi harapan seluruh siswa peserta UNBK SMART Ekselensia. “Semoga pelaksanaan UNBK selanjutnya menjadi lebih baik, baik dari sisi teknis maupun nonteknis.” kata Putra Ramadhan, salah seorang siswa peserta UNBK 2016 memberikan harapannya terhadap pelaksanaan UNBK di SMART Ekselensia Indonesia.





+DUA BELAS DETIK - Syahrizal Rachim-