Kerja Sosial di Desa Galuga

Kamis (20/6) siswa-siswa ARKANDIA berangkat dari SMART EI ke Desa Galuga, sebuah desa di pinggiran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) se-Bogor Raya pada pukul 14.30. Malam itu kami mengikuti pengajian malam Jumat lalu memperkenalkan diri kami dan tujuan kami kepada bapak-bapak di pengajian. Esoknya kami melakukan training motivasi di pagi hari, pelatihan briket di siang hari, lomba mewarnai di sore hari, dan mentoring di malam hari. Teman-teman yang mebuat ceruk ilmu juga mulai membuat rak buku.

Di hari Sabtu pagi kami mengadakan pelatihan kreasi dari barang bekas. Siangnya kami mengadakan lomba-lomba dan hasil lomba diumumkan sore hari. Di hari terakhir, kami melakukan simbolisasi penyerahan bingkisan, goody bag dan ceruk ilmu kepada tokoh masyarakat, Ibu RT, dan Kepala Sekolah SDN Dukuh 2. Dilanjutkan dengan gotong royong memperindah masjid. Siang hari kami melakukan perpisahan dan bersiap-siap kembali ke SMART.

Alhamdulillah semua program yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik dan sesuai harapan walaupun ada sedikit masalah tapi masih bisa diatasi. Warga Alhamdulillah juga menerima kegiatan kami dengan cukup bersemangat dan lumayan antusias. Salah satu yang membuat kami terharu adalah saat mobil kami mulai berjalan kami dipanggil, ”Kakak, Kakak.”

-AHMAD REY FAHRIZA-

Comments