Para Ibu Belajar Mengelola Keuangan Rumah Tangga


Pada Sabtu (21/9), siswa kelas 4 IPS sukses mengadakan sebuah pelatihan bagi ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar Desa Jampang. Acara ini diikuti oleh 18 ibu-ibu dari RT 1 s/d 3. Acara yang juga merupakan proyek kelas Akuntansi Berbagi ini telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum acara diadakan.

Sebelumnya, siswa kelas 4 IPS menyebarkan 80 undangan ke ibu-ibu yang tersebar di RT 1 s/d 3 di Desa Jampang. Pada survei yang dilakukan bersamaan dengan penyebaran undangan, didapatkan bahwa kondisi keuangan keluarga di Desa Jampang kurang baik. Banyak dari mereka yang terlilit hutang karena tidak dapat menghemat pengeluaran dan menambah pemasukan keluarganya. Bahkan ada juga keluarga yang menjadi pekerja musiman dan kini menjadi pengangguran. Maka inilah tujuan dari acara ini; mengajarkan cara mengelola keuangan keluarga bagi para ibu dengan sebaik-baiknya.

Seminggu menjelang acara, mereka juga telah mengadakan briefing dengan Ustadzah Titik yang akan menjadi pembicara pada acara tersebut. Persiapan terakhir dilakukan ketika H-1 acara yaitu dengan menata lokasi acara, dan persiapan tambahan seperti snack, urutan acara, doorprize, dan pemasangan spanduk.

Hari yang ditunggu-tunggu tiba. Semua panitia telah bersiap di tempat sejak pukul 8 pagi, namun kedatangan peserta pada pukul 9 pagi. Namun ada beberapa masalah kecil yang sebelumnya sempat akan menghadang kami; beberapa minyak tumpah dan kami harus membersihkannya dan kupon undian belum dipersiapkan. Lalu beberapa Ibu hadir dalam acara sederhana kami ini.

Di tengah acara, sempat ada penampilan aksi mematahkan pensil dan performa dari Fadhli dan Juniar yang menyanyikan lagu Justin Bieber. Lalu sebelum acara inti dimulai, yakni pelatihan pengelolaan keuangan dari Ustadzah Titik, ada games kecil-kecilan yakni senam otak. Sepanjang acara berlangsung, para panitia siap di tempat dan membantu para ibu dalam mengisi lembar monitoring keuangan keluarga.

-JOHAN FJR-

Comments