"Suaramu Sayang!"


CEPAT! TURUN SEMUA! BARIS YANG RAPI!
Itulah teriakan yang membutakan suasana, kesenangan yang tercipta seakan-akan luntuk seketika. Ya, tak diundang kedatangannya, para tentara pilihan dari KOPASSUS TNI-AD itu meneriaki kami dengan 'sambutannya' pada siang itu.

"Tiarap!"
KOPPASUS (Komando Pasukan Khusus) adalah pasukan elit dari TNI-AD yang terkemuka hingga ke penjuru dunia. Saking tenarnya pasukan ini, KOPPASUS menempati posisi ketiga terbaik diantara pasukan khusus di dunia, mengalahkan Amerika Serikat serta negara-negara 'beken' lainnya. Pada hari Kamis (30/01), siswa SMART Ekslensia Indonesia diberi kesempatan yang sangat langka oleh pihak sekolah, yakni dapat melaksanakan pelatihan pembangunan karakter bersama beberapa anggota KOPPASUS dari Batalyon 23 Kemang. Pelatihan tersebut memakan waktu 3 hari 2 malam, mulai dari hari Kamis sampai Sabtu pagi.

Pada hari pertama, seluruh siswa dikejutkan dengan teriakan yang dibuat oleh dewan guru. Seluruh siswa diperintahkan untuk berbaris di lapangan apel, dan dimulailah latihan 'Pembangunan Karakter' dengan gertakan dari salah seorang pimpinan KOPASSUS, ”Sekarang semuanya ganti baju training, dalam dua puluh hitungan, semua harus kembali dengan perlengkapan yang lengkap! Mengerti?”, dan dimulailah hitungan 'satu' dan semua siswa serentak berlari untuk berganti pakaian.


Acara selanjutnya diikuti dengan semangat dari siswa yang selalu 'dipaksa' untuk mengeluarkan suara terbaiknya, istilah tentaranya 'suara doubleXXL'. Siswa SMART Ekselensia Indonesia dilatih untuk memupuk jiwa kedisiplinan, kesetaraan, senioritas, kepemimpinan, kerjasama, serta tanggungjawab yang merupakan aset moral untuk masa depan bangsa umumnya, dan siswa khususnya. Terdapat berbagai menu latihan yang disiapkan oleh para prajurit tersebut, dari latihan baris-berbaris, sekilas tentang tali-temali, P3K, dan sedikit wawasan ilmu ketentaraan. Terdapat pula fase dimana siswa diharuskan membawa pesan rahasia yang harus disampaikan dan dilaksanakan pada malam hari.

“Tujuan kenapa diadakannya pelatihan oleh KOPASSUS untuk siswa SMART adalah untuk melatih siswa untuk hidup berdisiplin. Kenapa? Karena kedisipilan itu sangat penting bagi kita semua. Kedisipilan dapat membentuk suatu karakter pada diri kita sendiri. Jika kita tidak berdisiplin, maka kita tidak memiliki tujuan hidup yang jelas alias plin-plan,” jelas Ustadz Eko Wawan, kesiswaan SMART EI.

Akhir dari pelatihan adalah pencukuran rambut para siswa. Setelah itu diakhiri dengan apel penutupan.

-ARZAQ TAHARA FITWANTYO-

Comments