"Let's Compete in Goodness!"

Penampilan MC di panggung utama ...
SABTU (15/02) OASE SMART Ekselensia yang kembali bekerjasama dengan English Club SMART EI akan menggelar kompetisi tingkat Jabodetabek dan Sukabumi yang bertajuk ilmu sains, linguistik, artistik, olahraga serta agama yang dirangkum pada satu pagelaran akbar yaitu “SEMARAK OASE 2014” yang mengusung tema “LET'S COMPETE IN GOODNESS”.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi untuk mengenal jati diri bangsa, sehingga memunculkan generasi yang mampu berkarya dan berprestasi demi bangsa dan negara. Sesuai dengan tema dari kegiatan ini, “Let's Compete in Goodness” yang diambil dari potongan ayat Al-Qur'an yang memiliki arti “Berlomba-lombalah dalam kebaikan”, diharapkan peserta bisa menjadi lebih baik lagi setelah mengikuti ajang Semarak OASE ini.
[post_ad]Kegiatan yang dilangsungkan selama 2 hari yaitu pada Sabtu-Minggu, 15-16 Februari 2014 ini merupakan realisasi dari visi OASE, yaitu “Mengenalkan OASE ke dunia luar” sehingga diharapkan OASE dapat lebih dikenal oleh publik. Cara ini diambil karena dianggap paling efektif karena dapat mengundang banyak orang dengan sebuah event yang menarik dan bermanfaat. Kegiatan ini diketuai oleh M. Iqbal Rifqi Ardianto (16) yang merupakan ketua Kongres OASE dengan dibantu oleh anggota-anggota OASE yang sengaja dibentuk untuk memberikan pengalaman memimpin serta pengalaman dalam mensukseskan sebuah acara akbar.
Kegiatan semarak OASE dilaksanakan sebagai latihan pelaksanaan OHARA (Olimpiade Humaniora) yang merupakan agenda tahunan SMART EI yang akan dilkasanakan pada bulan November mendatang. Awalnya kegiatan ini akan diberi nama dengan OASE EXPO, namun karena nama tersebut telah digunakan terlebih dahulu maka dilakukanlah perundingan antar panitia, sehingga didapatkanlah sebuah nama yang baru, Nama tersebut adalah Semarak OASE yang biasa disingkat dengan #SO2014.
Acara yang telah direncanakan sejak November 2013 ini juga merupakan program kerja OASE yang memiliki beberapa sponsor, diantaranya adalah BNI Syariah, Masyarakat Mandiri, ILP, Papa Ron's Pizza, Info-lomba.com, serta dari Dompet Dhuafa. Semarak OASE juga menggantikan sebuah event tahunan OASE yang diadakan pada tahun sebelumnya, yaitu English Competition Fair.
Acara Semarak OASE ini tak hanya bertajuk acara berbahasa Inggris (seperti English Competition Fair). Akan tetapi ini merupakan acara yang mengandalkan berbagai kemampuan seperti : lmu sains, linguistik, artistik, olahraga.
[post_ad]Lomba-lomba yang diadakan seperti MHQ, Futsal Cup, STOMP (Science Team Olympiad), 3D WallMagz, SMART Idol, serta Speech Contest. Acara ini diikuti oleh pelajar SMP dan SMA yang berlokasi di sekitar Jabodetabek dan Sukabumi. “Acara ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Jabodetabek”, ungkap Hadi selaku bendahara dalam acara Semarak OASE kali ini.
Setelah mendapatkan struktur kepanitiaan, barulah direncanakan tempat pelaksanaan untuk panggung utama. Dalam musyawarah kali ini, didapatkan tiga pilihan tempat yaitu lapangan apel, depan masjid, kantin, atau di Aula. Pemilihan lokasi disesuaikan berdasar-kan situasi dan kondisi.
Setelah melalui beberapa musyawarah, pertimbangan bersama, dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, maka panggung SO2014 ditetapkan berada di kantin asrama.
Setelah melalui berbagai hambatan dan musyawarah yang cukup panjang, akhirnya acara Semarak OASE telah dipersiapkan dengan matang. Panitia hanya tinggal menentukan tanggal pelaksanaan acara ini. Rencananya acara ini akan dilaksanakan diantara bulan Februari atau Maret. Dikarenakan di bulan Maret banyak dilakukan ujian sekolah dan ujian praktek untuk kelas 3 SMP serta kelas 3 SMA, maka waktu luang di bulan Maret sangat sedikit. Maka panitia pun memutuskan untuk mengadakan acara Semarak OASE di bulan Februari, karena di bulan Februari ini tersedia banyak waktu luang.
Akhirnya, acara yang ditunggu-tunggu berlangsung mulai pukul 07:30 yang diawali dengan registrasi para peserta. Setelah registrasi, para peserta pun diarahkan ke panggung utama untuk acara pembukaan. Setelah acara pembukaan selesai, para peserta lomba langsung diarahkan menuju ke tempat lomba masing-masing.
[post_ad]Lomba STOMP dilaksanakan di kelas Matematika SMP (untuk babak penyi-sihan) dan di panggung utama (untuk babak final LCC). Lomba SMART Idol dilaksanakan di panggung utama. Speech Contest dilaksanakan di kelas Sosiologi. MHQ dilaksanakan di Aula. Futsal Cup dilaksanakan di GOR SMART Ekselensia Indonesia. Ini semua adalah lomba-lomba di hari pertama.
Pada hari pertama, Semarak OASE 2014 berlangsung dengan meriah dan diakhiri dengan pengumuman peserta tiap bidang lomba yang lolos dari babak penyisihan dan menuju babak final yang akan dilaksanakan di keesokan harinya. Hari kedua merupakan kelanjutan final dari berbagai lomba di hari pertama, serta pelaksanaan 3D WallMagz di koridor lantai  2  sekolah .
LCC STOMP (babak final) dilaksanakan di panggung utama yang disusul dengan babak final lomba SMART Idol. Di hari kedua turut dilaksanakan babak final Futsal Cup, dan lomba 3D WallMagz. Akhirnya setelah melalui banyak rintangan yang panjang, para peserta pun sudah mulai tegang untuk menunggu hasil dari jerih payah perjuangan mereka selama dua hari pelaksanaan Semarak OASE 2014.








+DUABELASDETIK - BIMO PRIYOYUDHO, FATHURRIZQI-

Comments