Roket Air Melaju ke Tingkat Nasional

MALAM itu,  ia sempat bermimpi akan menjadi juara dalam perlombaan itu.  Saat diwawancarai tim 12detik, ia juga sempat mengatakan, “Aku memba-yangkan aku mengangkat tinggi piala kemena-nganku dan kupersembahkan untuk sekolahku ter-cinta.” ujarnya, Tobi Ifanda Putra kelas 1. Semua itu begitu membuatnya bangga, tetapi semua itu hanya sebuah mimpi.

Sabtu (26/4), tepat pukul 06.30, Tobi, Karunia Adiyuda dan Zikri Azmi didampingi Ustadz Ahmad Sucipto berangkat menuju PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah, tempat pagelaran kompetisi Roket Air dilaksanakan. Sesampainya di sana, mereka langsung mendaftar ulang dan menuju ke lantai 3.

Hari itu mereka harus mengikuti sebuah seminar. Dalam seminar itu mereka diajarkan cara membuat roket air yang sesuai dengan standar internasional. Tak hanya itu, mereka juga belajar penghitungan fisika tentang cara mengatur kadar tekanan udara, kadar air serta sudut yang pas untuk dapat menerbangkan roket air dengan sempurna. Semua tentang roket air terkupas habis dalam seminar itu.

Nampaknya  para panitia tak begitu puas hanya dengan memberikan seminar saja. Saat  itu juga mereka dan peserta lainnya mempraktikkan pembuatan roket. Uji coba peluncuran dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kepahaman para peserta.

Kini giliran Tobi melakukan uji coba. Alangkah bahagianya,  SMART EI menjadi salah satu dari tiga sekolah yang berhasil mencapai target dalam uji coba tersebut.

Esoknya (27/4), perlombaan dilaksanakan. Tobi berjanji akan mewujudkan mimpinya itu. Tekad kuat, semangat membara dan keberanian ia genggam dalam optimis kemenangan.

Sekitar 128 peserta dari sekolah SMP/SMA se-Jabodetabek beradu kecerdikan dan kecermatan untuk merebutkan tiga pemenang yang akan melaju ke tingkat nasional. Tobi, Zikri dan Karunia menjadi salah satu dari 12 orang perwakilan Bogor. Strategi peluncuran mereka rancang sedemikian rupa. Ketika tiba giliran mereka untuk meluncurkan roket rakitannya, “Ah... Tak sesuai harapan,” ujar Tobi. “Tapi tak apalah,  yang penting kami sudah berusaha.” sambungnya.

Setelah beberapa minggu menanti hasil pengumuman, ternyata Tobi dan Zikri berhasil melaju ke tingkat nasional. Nampaknya panitia tidak hanya mengambil peringkat tiga besar saja, tetapi juga mengambil 10 perwakilan dari tiap kota. Tobi dan Zikri menjadi salah satu perwakilan dari Bogor untuk melaju ke tingkat nasional. Selamat atas kemenangannya, teruskanlah perjuangan!

+DUABELASDETIK - ABDUS SOMAD-

Comments