Mencoba Tantangan Albacadabra

ROMBONGAN SMART kembali mengikuti undangan lomba dari sekolah Al-Bayan Sukabumi, pada Rabu (30/4). Lomba yang bernama “Albacadabra” ini berlangsung selama empat hari; tiga hari pertama untuk penyisihan bagi lomba yang bertahap dan di hari keempat adalah babak final dan pengumuman pemenang. Hari pertama berlangsung untuk GLASS yang terdiri dari lomba blog, LCT-IT, dan beberapa lomba lain. Hari pertama ini SMART hanya mengutus Rofi Muhammad Nur Al-Asad sebagai perwakilan lomba BLOG serta Muhammad Fadhly, Muhammad Abdul Basit, dan Muhammad Robby Salam sebagai perwakilan lomba LCT IT. Pembukaan acara diisi dengan sambutan-sambutan dari beberapa tokoh penting seperti kepala sekolah, panitia acara, perwakilan gubernur Jawa Barat, dan tokoh masyarakat. Dilanjutkan dengan penampilan band panitia.

Perlombaan baru dimulai pukul 09.30. Tiap-tiap peserta langsung menuju lokasi perlombaan masing-masing yang dipandu oleh LO. Perlombaan berangsung rileks, tidak semenegangkan lomba-lomba berat seperti OSN, dikarenakan sambutan panitia Albacadabra yang hangat sejak pertama turun dari mobil. Ini merupakan pelajaran penting untuk bisa dipraktekkan saat SMART akan mengadakan even-even serupa berikutnya. Selain itu, sekolah ini berlokasi di pedesaan di daerah Sukabumi Jawa Barat, berdiri di salah satu gunungnya: tipikal tempat yang ramah polusi. Belum lagi pembukaan lomba berlangsung sangat menarik.

Hari kedua merupakan perlombaan untuk kategori STARTS. SMART kembali mengutus beberapa perwakilannya, yakni Abdussomad, Muhammad Fajar, dan Muhammad Indra Kajak untuk lomba 3D WallMagz, Firman Mursal untuk lomba Cipta Cerpen, Muhammad Reza Alamsyah dan Muhammad Ikrom Azzam lomba Speech, Mohammad Andi lomba News Casting, dan beberapa siswa lain.

Arzaq Tahara dan Mufid Muhyiyudin sebagai perwakilan tim Lukis Persuasif; Karunia Adiyuda, Dian Kurnia, Dedi Yudi Rahadi tim satu lomba daur ulang, lalu Jajang Saputra, Agung Hendayana, dan Heri Darmanto sebagai tim kedua daur ulang, serta Bimo, Ilham, dan Yani sebagai perwakilan SMP lomba daur ulang menjadi perwakilan SMART untuk hari ketiga perlombaan Abracadabra, KABUM (Karya Anak Bangsa Untuk Bumi).

akungnya, dari sekian banyak lomba yang diikuti siswa SMART, hanya tim Ilham, Bimo dan Yani yang mendapat kemenangan sebagai peringkat 4 lomba daur ulang.

TIDAK MEMBAWA APA-APA
Alhamdulillah aku lulus babak penyisihan lomba blog Albacadabra. Dan sehari sebelumnya, aku telah mempersiapkan slide presentasi yang telah kudesain sedemikian mungkin untuk babak finalnya. Tak tahunya, slide itu sama sekali tidak digunakan. Bahkan, ternyata presentasi yang merupakan babak final dari lomba blog ini bukan mempresentasikan apa yang ditulis di blog peserta, melainkan mengenai blog itu sendiri. Kapan dibuat, isi tulisannya apa saja, dan tema blognya apa adalah sederet pertanyaan dari para juri.

Usai presentasi, aku pun menunggu peserta yang lain selesai presentasi. Kulihat sekelilingku, yang ada adalah peserta lain membawa laptop, dan hanya aku sendiri yang tidak membawa. Ada sih satu orang yang tidak bawa laptop, tetapi dia berangkat bersama kawannya yang satu sekolah dan membawa laptop. Akhirnya, aku hanya bisa duduk sambil corat-coret buku catatan hingga final lomba blog ini usai. 

+DUABELASDETIK - ROFI MNA-

Comments