10 Kegiatan Paling SMART

SEBAGAI sekolah berasrama, SMART Ekselensia memiliki berbagai macam kegiatan yang umumnya tidak dimiliki oleh sekolah lain. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengisi waktu luang siswa agar bermanfaat. Manfaat berbagai kegiatan ini selain menambah pengalaman, juga untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani siswa. Berikut 10 kegiatan khas yang ada di SMART:

(Basit/OASE)
SEMARAK OASE 2014
Merupakan ajang aneka lomba yang diselenggarakan oleh OASE SMART EI. Kegiatan ini adalah realisasi dari misi OASE yaitu “mengenalkan OASE ke dunia luar”. Semarak OASE pertama diadakan tanggal 15-16 Februari 2014. Acara ini menggelar lomba MHQ, Futsal Cup. STOMP, 3D WallMagz, SMART Idol, serta Speech Contest.



OLIMPIADE HUMANIORA NUSANTARA
Adalah kegiatan yang diadakan oleh SMART EI sejak 2009 untuk melatih dan menguji kemampuan siswa SMP-SMA se-Indonesia di bidang ilmu humaniora. Awalnya OHARA diadakan dengan nama SMART EXPO, hanya mengundang  sekolah-sekolah seputar Jabodetabek.




(+Johan FJR/DBD)

SEHARI JADI SANTRI ialah kegiatan yang dilaksanakan tiap Jumat pagi hingga Sabtu pagi, di masjid Al-Insan SMART EI. Kegiatan ini berisikan Malam Bina Iman dan Taqwa (mabit) wajib bagi seluruh siswa. Sejak magrib siswa mengenakan gamis dan mendengarkan kajian dari ustad terpilih setelah isya. Pada sepertiga malam terakhir juga diadakan qiyammul lail  bersama.





(+Johan FJR/DBD)

KEMAH BAKTI adalah kegiatan yang bertujuan meningkatkan kepedulian siswa SMART. Diadakan per angkatan sesuai ketentuan angkatan masing-masing. Dapat berupa pembersihan tempat untuk ibadah umat Islam atau yang lainnya.

QUANTUM LEARNING kegiatan yang diadakan untuk melatih kecerdasan siswa baru SMART EI dari berbagai aspek pengetahuan dengan berbagai acara pengasahan otak yaitu : Speed Reading (SR), Easy Writing (EW), Mind Mapping (MM), Dan Super Memory System (SMS).


(+Johan FJR/DBD)

I'TIKAF kegiatan yang dilakukan oleh siswa SMART EI untuk mencari lailatul qadr dan ridho Allah di bulan suci Ramadhan. Tepatnya sepuluh hari sebelum Idul Fitri di beberapa masjid yang ada di Jabodetabek. Pada saat i'tikaf, siswa harus bangun untuk melakukan qiyamul lail dan sebelum magrib siswa diberikan tausiyah untuk menambah ilmu agama.

HOMESTAY. Kegiatan yang diadakan satu minggu sebelum dan sesudah Idul Fitri di rumah donatur (houseparent). Siswa yang mengikuti homestay harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini. Para pembina asrama akan melihat dan menilai beberapa aspek kegiatan siswa di asrama sebalum memutuskan siswa mana yang akan terpilih ikut homestay.


INTERNATIONAL DAY. Kegiatan yang diadakan oleh siswa SMP SMART EI untuk siswa SD sebagai bagian dari peringatan hari berdirinya Perserikatan Bangsa-bangsa setiap tanggal 24 Oktober. Tahun 2013 lalu, 60-an siswa SD dari kota dan kabupaten Bogor berpartisipasi dalam pameran, lomba Cerdas Cermat dan lomba melukis bertema negara-negara di lima benua di seluruh dunia.

SMART FUTSAL LEAGUE (SFL) merupakan ajang olahraga futsal antar siswa SMART. Acara ini diikuti oleh semua angkatan. Tujuan diadakannya SFL ini adalah untuk mempererat persaudaraan antar angkatan dan kekompakan, khususnya dalam bidang olahraga futsal.

BIMBEL “BISA” adalah kegiatan yang diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar kelas 6 di Jampang dan sekitarnya. Para siswa kelas 4 SMART EI menjadi guru yang mengajari siswa-siswi SD ini agar berhasil mengerjakan soal-soal ujian akhir sekolah. Bimbel “BISA” dilaksanakan sehabis dzuhur hingga ashar di hari akhir pekan.

+DUABELASDETIK - AHMAD FAJAR CICI, M. VIKRAM M.-

Comments