10 PTN Favorit Alumni SMART

Masjid Al-Ukhuwah Islamiyah, UI, Depok (Dok. UI)
UNIVERSITAS merupakan sekolah lanjutan setelah mengenyam pendidikan di sekolah menengah atas atau biasa disebut SMA. Setelah  selesai menempuh pendidikan menengah di SMART, seluruh  lulusannya sangat diharapkan untuk dapat melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi. Terutama, di perguruan-perguruan tinggi negeri pilihan.

Selama ini, lulusan lima angkatan SMART telah berhasil menembus kampus-kampus PTN favorit yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah sepuluh PTN terbanyak ditempati alumni SMART.
Universitas Indonesia berada pada nomor urut pertama dengan 29 alumni, dilanjutkan Universitas Diponogoro 23 alumni, Universitas Padjajaran 22 alumni, Universitas Brawijaya 18 alumni, Universitas Gajah Mada 10 alumni, Universitas Andalas 9 alumni, Universitas Hasannudin 7 alumni, Universitas Pendidikan Indonesia, dan yang terakhir Institut Teknologi Bandung dengan 3 orang alumni.

Nah, sepuluh PTN di atas mungkin dipilih para kakak alumni karena tesnya tidak terlalu sulit ataupun memang benar-benar tertarik dengan PTN tersebut.

MENENTUKAN TARGET PTN SEJAK DINI

Dok. +DUABELASDETIK
Sebagai siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata, ada baiknya bagi siswa SMART Ekselensia dalam menentukan target jurusan kuliah sejak dini. Karena hal ini turut akan membuat siswa sendiri untuk dapat lebih fokus ke bidang tertentu, tanpa memudarkan fokus dalam bidang yang lain.

Fokus terhadap jurusan dan PTN sejak dini ditunjukkan oleh salah satu siswa SMART angkatan 7 asal Metro, Muhammad Fadhli. Sejak kelas 4, ia mulai merangkai cita-cita agar dapat berkuliah di STEI – ITB. Bahkan untuk mewujudkan cita-cita itu, ia turut membuat tulisan yang dipasang di tempat di mana ia sering lihat. Sehingga ada motivasi untuk dapat masuk ke dalam kampus pilihannya.

+DUABELASDETIK - MS. FATHURRIZQI,  JOHAN FJR-

Comments