10 Transformasi SMART Selama 10 Tahun

SELAMA 10 tahun terakhir SMART  telah melakukan banyak perubahan untuk memperbaiki sistem pendidikan & pembinaan sekolah dan asrama agar menjadi lebih baik dan berkualitas. Dan berikut ini adalah sepuluh perubahan dari sekian banyak perubahan yang telah dilakukan oleh SMART versi DuaBelasDetik:

VISI & MISI
Sekolah SMART Ekselensia Indonesia sejak awal berdiri sampai sekarang telah mengalami dua kali perubahan Visi-Misi. Visi yang terbaru saat ini sangat mudah dikenal dan memiliki makna tinggi. “Menjadi sekolah kelas dunia”. Dan misi SMART terdiri atas 5 poin yang melengkapi  dan untuk mewujudkan visi tersebut.

GOR SMART
SMART kini mempunyai Gedung Olahraga (GOR) yang bisa digunakan untuk bermain futsal, badminton, dan tenis meja. Dulu, saat GOR belum didirikan, lapangan tersebut hanya bisa dipakai bermain futsal dan badminton. Tidak ada atap untuk melindungi pemain dari hujan maupun terik matahari. Oh ya,.. dan juga di belakang tiap gawang futsal, ada masing-masing satu tiang jaring bola basket. Tapi sudah jarang digunakan lagi.

KUPON MAKAN
Sistem pengambilan makan siswa SMART kini memakai kupon untuk mendapatkan lauk. Sebelum ada sistem ini, dulu digunakan sistem kartu makan bagi tiap siswa. Tetapi tak lama kemudian, sistem ini diganti dengan kupon.






S.D.S
SDS atau SMART Discipline Squad, dulu disebut sebagai Komisi Penegak Kedisiplinan (KPK). Tugas SDS adalah untuk menjadikan siswa SMART lebih disiplin dalam segala hal. Perubahan dari KPK ke SDS ini membuat program-programnya lebih aktif. Anggota SDS pada periode 2013-2014 terdiri dari beberapa siswa kelas 3 dan kelas 4, yang saat ini diketuai oleh Abdus Somad.


PROYEKTOR KELAS
Awal tahun pelajaran 2013-2014, SMART menambahkan fasilitas di tiap kelas berupa proyektor. Sebelum ini SMART hanya memiliki beberapa proyektor saja. Jadi, jika ada suatu kelas yang membutuhkan proyektor, harus meminjam terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Apalagi kalau ada lebih dari satu atau dua kelas yang membutuhkan.



BUKA BERSAMA
Makanan apa yang paling enak? Makanan yang dimakan saat lagi laper. Bukber juga  kok. Bukber di SMART dari waktu ke waktu selalu berpindah lokasi. Awalnya di kantin. Kemudian pindah ke masjid. Setelah itu pindah lagi ke kantin. Dan pada saat ini, menjelang Ramadhan, bukber diadakan di masjid kembali.

GAMIS
Pada hari Jum'at, seluruh siswa diwajibkan memakai gamis saat sholat maghrib, isya hingga shubuh. Dan hari itu juga disebut sebagai 'sehari menjadi santri'. Karena di hari itu dilaksanakan berbagai kegiatan layaknya seorang santri di pondok pesantren, seperti itikaf, qiyamulail berjama'ah, mendengarkan  tausyiah dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk menyegarkan jiwa di hari-hari sebelum hari Jum'at. 

LABKOM SMP
Kini SMP SMART memiliki Lab. Komputer khusus untuk SMP, yang dulu adalah ruang kelas geografi. Sebelumnya labkom hanya ada satu untuk SMP maupun SMA. Dengan adanya labkom baru ini, sistem belajar TIK menjadi lebih mudah. Labkom baru ini adalah donasi dari Adira Syariah.

KOKO SEKOLAH
Sejak angkatan ke-8 bersekolah di SMART, pada saat itu juga ada perubahan seragam hari jJm'at. Jika dulunya menggunakan baju bebas tapi sopan, menjadi baju koko yang telah ditetapkan khusus sekolah. Kebijakan ini dilakukan agar siswa dapat terlihat lebih rapih dan Islami.

PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN)
Sebagian besar siswa kelas lima awalnya mendaftarkan diri pada PTN luar pulau Jawa. Seperti UNHAS, USU, UNAN, dll. Tapi, sejak angkatan 4 sampai angkatan 6 lebih banyak yang terdaftar PTN-nya di dalam pulau Jawa.

+DUABELASDETIK - RIZKY DWI SATRIO, foto : BIMO P.-

Comments