Kepulangan Siswa Pasca Itikaf


Sabtu (26/07) – Enam hari berlalu sudah, hari ini adalah hari kepulangan siswa SMART dari kegiatan iktikaf. Satu persatu rombongan iktikaf SMART Ekselensia kembali ke Bumi Pengembangan Insani (BPI). Tidak sampai zuhur, semua rombongan yang terdiri dari rombongan masjid Al-Hurriyyah, Andalusia, Sentul, LabSchool, El-Nusa dan tentu saja rombongan masjid Al-Insan sudah tiba di SMART. Rombongan yang pertama tiba tentu saja adalah rombongan masjid Al-Insan, Karena masih di dalam lingkungan BPI sehingga siswa kelas satu hanya tinggal memindahkan barang-barang miliknya ke asramanya. Seluruh rombongan kecuali rombongan masjid Al-Insan kembali menggunakan angkutan umum sewaan.

Hari ini adalah hari ke 28 bulan Ramadhan. Meski kegiatan iktikaf sudah berakhir, kegiatan kerohanian seperti tilawatil quran masih tetap berjalan semestinya. Meski kali ini SDS (SMART Discipline Squad) tidak lagi mengkoordinasikan siswa untuk bertilawah sehabis salat wajib, masih ada siswa yang berinisiatif bertilawah sendiri. Bahkan banyak dari kelas satu dan beberapa kelas lainnya melakukan kegiatan iktikaf di masjid malam harinya, malam ke 29, dengan harapan bila kemarin-kemarin bukan malam lailatul qadar, malam itulah saatnya.

Namun, ternyata tidak semua siswa pulang. Ada beberapa siswa terpilih yang tidak ikut pulang, tetapi ikut bersama hostparents-nya dalam acara “Homestay”, yang merupakan kegiatan pengambilan siswa terpilih berdasarkan nilai kedisiplinannya oleh donatur untuk diajak menikmati lebaran bersama keluarga donatur selama beberapa hari. Meski beberapa siswa tampaknya kecewa karena tidak terpilih ikut home stay, mereka tetap bahagia karena dapat mengikuti program iktikaf selama enam hari di luar.

Comments