POSBA SMP SMART Ekselensia 2014

BOLA air berterbangan ke segala penjuru arah pada pagi itu, memadamkan api yang dilindungi oleh 4 prajurit dari setiap regu pasukan. Salah seorang dari kelima regu pasukan tampak kewalahan dan bercucuran keringat bercampur air. Syukur adalah salah satu prajurit yang melindungi api lilin hingga akhir tujuan. “Capek kak perangnya, panas lagi ...” keluh salah satu prajurit. ”Ayo Iqbal, sedikit lagi kita menang!” seru Syukur pada Iqbal. Walaupun kelihatan lelah, Syukur tetap bersemangat demi memenangkan permainan itu.

Di tahun yang kesepuluh ini, SMART kembali mengadakan posba SMP-SMA untuk menyambut tahun ajaran baru bagi siswa kelas 1 dan 4 (1 SMA). Di tahun ini pula siswa baru angkatan yang ke-11 pun datang. Masa-masa orientasi siswa baru pun dilaksanakan.

Senin (7/7), siswa baru SMART Ekselensia Indonesia angkatan 11 melaksanakan Pekan Orientasi Siswa Baru (POSBA) SMP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai hari Senin sampai Kamis. Hari-hari itu diisi dengan berbagai kegiatan edukatif, seperti games kekompakkan, interaksi kelompok, film motivasi, dll. Posba SMP tajaran 2014-2015 ini dipanitiai langsung oleh siswa kelas 3.

Mulai dari hari Senin, siswa baru berkumpul di aula untuk melaksanakan pembukaan POSBA SMP. Acara pembukaan diisi dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan sambutan dari Ust. Yasfi yang bertemakan “Dinamika Di Perantauan”. Hari-hari selanjutnya, kegiatan diisi dengan penampilan performance dan yel-yel kelompok. Hal ini dilakukan untuk melatih kerjasama dan keorganisasian siswa dalam kelompok.


Kegiatan POSBA kali ini juga diisi dengan menonton film bersama di PSB. Film yang diputar berjudul “WILL” dan merupakan film motivasi untuk mencapai tujuan dengan sungguh-sungguh. Untuk membuat acara lebih menarik, games unik dan seru dibuat dalam kegiatan ini. Games yang dilaksanakan seperti mencari kata, perang air, tebak aku, dan masih banyak lagi. Manfaat dari kegiatan ini dirasakan oleh salah seorang siswa baru yang bernama Aji. Ia merasa senang karena kegiatan ini dapat mengisi waktu-waktu kosong di sela-sela kesibukannya dalam beribadah Ramadhan.

Hari Kamis (10/7), acara penutupan POSBA SMP SMART Ekselensia Indonesia tahun ajaran 2014-2015 pun dilaksanakan. Kegiatan kembali berlangsung di aula, diisi dengan penampilan yel-yel dan performancedari masing-masing kelompok yang sudah berlatih sejak 3 hari yang lalu. Juri yang terlibat adalah Ust. Wildan, Ust. Asep, dan Ust. Ari. Acara turut dimeriahkan dengan performance dari panitia, lalu pemenang lomba-lomba dari games selama POSBA dan pengumuman siswa terbaik dari kegiatan yang sudah dilaksanakan selama 4 hari tersebut.

-ILHAM AKBAR & VIKRAM MAKRIF-

Comments