Program SDS Selama Bulan Ramadhan 1435 H

Momen bulan Ramadhan biasanya dijadikan ajang untuk menambah amal kebaikan bagi kebanyakan umat Muslim. Di bulan Ramadhan pula insan Muslim berbondong-bondong meraih ampunan atas dosa yang telah lalu. Bulan Ramadhan ini nampaknya dijadikan momen yang berharga pula oleh SDS untuk menambah amal kebajikan dari tiap anggotanya, juga siswa SMART Ekselensia, sehingga SDS membuat beberapa program dalam mengawal ibadah Ramadhan para siswa.

Shalat Tarawih di SMART 11 rakaat  (Dok. Asrama)
Tilawah Bersama
Program tilawah bersama ini dilaksanakan setiap harinya setelah selesai salat lima waktu. Kegiatan ini dimulai sejak awal Ramadhan hingga 17 Juli 2014 dengan mengkhatamkan Al-Quran dan diakhiri dengan acara “Khatmul-Quran”. Kegiatan dikoordinatori oleh M. Fatih Daffa. Setiap selesai salat berjamaah, seluruh siswa diwajibkan untuk bertilawah sebanyak 10 halaman sehingga selama sehari setiap siswa dapat bertilawah sebanyak 2 juz. Antusiasme siswa begitu besar sehingga Masjid Al-Insan setiap selesai salat riuh oleh lantunan ayat-ayat Al-Quran.

Nonton serial ''Umar Ibn Khatab''
Kegiatan nonton serial Umar Ibn Khattab ini dimaksudkan untuk menambah wawasan siswa SMART dalam sejarah Islam khususnya sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat dalam memperjuangkan kebenaran di Makkah dan Madinah pada saat itu. Film serial ini juga diharapkan dapat memicu motivasi siswa untuk terus bernaung dalam kebaikan. Kegiatan yang dikoordinatori oleh Arzaq Tahara dan Iqbal Rifqi ini dilaksanakan mulai pukul 16.30 sampai menjelang berbuka puasa.
Semoga dengan adanya beberapa program di bulan Ramadhan ini, siswa SMART menjadi pribadi yang lebih baik serta dapat dibanggakan,” ungkap Somad, Ketua SDS.

Buka Bersama
Berbuka puasa diadakan di masjid (Dok. Asrama)
Buka bersama (bukber) dilaksanakan di beranda Masjid Al-Insan yang merupakan program harian SDS dan dikoordinatori oleh Muhibbuddin. Bukber ini menjadi momen untuk mempererat persaudaraan antar siswa SMART pasalnya dalam bukber ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggotakan beberapa orang dari tiap-tiap angkatan sehingga adik kelas dan kakak kelas dapat lebih menyatu. Bukber di masjid ini baru pertama kalinya dilakukan di SMART semenjak angkatan pertama. Peranan SDS dalam program ini adalah membagikan dan memastikan semua siswa SMART mendapatkan ta'jil serta mengawal keberlangsungan bukber tersebut.

Tarawih
Beberapa minggu sebelum datangnya bulan Ramadhan SDS sempat mengumpulkan beberapa perwakilan siswa kelas 2, 3, 4, dan 5. Hal ini dilakukan untuk menanyakan kesiapan siswa siswa tersebut sebagai petugas salat tarawih. Siswa kelas 2 dan 3 bertugas menjadi bilal sedangkan kelas senior 4 dan 5 bertugas menjadi imam salat tarawih.

-ABDUS SOMAD-

Comments