"Kalian Harus Fun dalam Acara Ini!"

“ADIK-adik, pokoknya kalian harus fun dalam acara ini,” ungkap Kak Jeihan sambil membuka tangan.

Sabtu dan Rabu (2, 5/8), Diaspora E-Class hadir lebih dekat kepada para partisipannya. Berbekal dengan perlengkapan yang sederhana, Kak Jeihan Nagri—penemu dan Presiden Diaspora E-Class, bersama puluhan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Diaspora E-Class, mengunjungi SMART Ekselensia untuk mengadakan program selama 2 hari. Mix n' Mingle, merupakan program kedua dari Diaspora E-Class setelah Video Conference, yang bertajuk pada kesenangan dalam berbahasa Inggris.

Dok. Diaspora E-Class
Dalam kegiatan selama 2 hari tersebut, siswa SMART Ekselensia yang terpilih bersama siswa SMA SMART Dramaga diajak untuk mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris-nya melalui beberapa games yang berbeda dari biasanya.

Kegiatan pertama dalam program Mix n' Mingle adalah acara pembagian kelompok dan perkenalan para panitia. Kemudian dilanjutkan dengan games kecil-kecilan seperti mencari dan mengurutkan barisan berdasarkan ukuran, umur dan lainnya. Setelah break time, seluruh peserta dan panitia menikmati makan siang bersama. Kegiatan dilanjutkan pukul 1 siang. Tim Diaspora berkeliling SMART Ekselensia dengan didampingi oleh 2 peserta yang dipilih sebagai gait.

Setelah seluruh panitia (Tim Diaspora E-Classs) berkeliling SMART, seluruh peserta diminta untuk berkumpul dan membentuk barisan bersama para pembimbing dari Tim Diaspora yang membawa sebuah toples bening untuk diisi kelereng sebagai poin nilai. Masing-masing kelompok dibagi ke dalam beberapa shift untuk mengikuti seluruh alur games, diantaranya : Scramble, Heads Up, Charades, Camera Station, dan Break Station. Kelereng terbanyak yang dikumpulkan oleh kelompok akan menjadi syarat untuk membuka kode treasure quest yang berisikan 15 kelereng sebagai poin tambahan.

Dalam camera station, peserta dan pembimbing diperbolehkan untuk narsis sebanyak-banyaknya, juga menandatangani backdrop mini Diaspora Mix n' Mingle. “Siapa sih yang nggak mau narsis? Tanda-tangan gede-gede juga nggak papa kok!” Berikutnya, break station. Ini merupakan sesi bagi peserta untuk boleh berbincang-bincang sepuasnya bersama pembimbing.

Membuka treasure quest (Wildan H./SMART EI)
Scramble adalah games dimana peserta harus mencari kata-kata dari beberapa keping kertas yang boleh digunakan. Kata-kata tersebut berikutnya digunakan untuk merangkai kalimat. Dilanjutkan dengan Heads Up! yang mirip dengan games Indonesia Pintar pada salah satu stasiun televisi swasta nasional. Terakhir adalah Charades, dalam games ini peserta diminta memilih sebuah kata dan memeragakannya untuk ditebak oleh kawan sekelompoknya. Seluruh rangkaian games berakhir pada ashar.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman kelompok dengan poin tertinggi yang telah memiliki kode untuk membuka gembok peti dari treasure quest. Semua kelompok telah mencoba. Kode berhasil dibuka oleh kelompok A (Shafira Amerta). Setelah diakumulasi, kelompok dengan poin tertinggi adalah kelompok E (Ratna Pratama) yang mendapatkan apresiasi hadiah. Rangkaian kegiatan dalam Mix n' Mingle berakhir dengan penutupan, pembagian alat tulis dari iB Hasanah Card (BNI 46), serta foto bersama.

+DUA BELAS DETIK - M. IKROM AZZAM-

Comments