Upacara Bendera Dirgahayu Ke-69

DALAM memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, SMART Ekselensia juga mengadakan upacara bendera yang namun dilaksanakan pada hari Senin (18/8). Dalam upacara bendera kali ini, ada sesuatu yang berbeda dalam pelaksanaannya, yaitu pengibaran bendera yang dilakukan oleh Tim Paskibra SMART yang sebenarnya sudah lama terbentuk, namun sudah lama pula tidak latihan.

Janji Setia
Setelah mendapat pemberitahuan dari Ustadz Eko, Ilham selaku ketua dari Tim Paskibra langsung mengumpulkan pasukan dan mulai berlatih. Latihan pertama dimulai pada hari Sabtu. “Walaupun agak sedikit lupa dengan bentuk formasi barisan, setelah mencoba latihan satu-dua kali, akhirnya formasi yang diinginkan pun sudah terbentuk. Tapi masih ada satu latihan lagi yang menentukan kelancaran penampilan, yaitu melatih kekompakan gerakan dalam formasi.” ungkap Ilham. Keesokan harinya, mereka memulai latihan lagi. Latihannya berupa pelatihan kekompakan dalam gerakan formasi maupun proses pengibaran bendera. Malam hari sebelum upacara bendera dilaksanakan, Ustadz Eko datang untuk melakukan gladi bersih bersama semua petugas upacara.

Dengan semangat yang kuat dan persiapan yang matang, akhirnya tibalah saatnya Tim Paskibra SMART unjuk gigi untuk dapat mampu mengibarkan bendera secara khidmat. Sebelum pelaksanaan upacara bendera, mereka sempat berlatih sebentar untuk mematangkan. Akhirnya upacara dimulai, “Pengbaran bendera dengan diiringi oleh lagu Indonesia Raya,” terdengar suara dari MC (master of ceremony) upacara bendera tersebut. Hembusan angin, tatapan mata para peserta upacara, serta suara bising kendaraan bermotor menjadi saksi atas penampilan mereka ketika upacara berakhir dengan sukses. Terlihat senyuman dari Ustadz Eko selaku pembimbing Tim Paskibra setelah upacara berakhir. “Ketika tampil di hadapan semua orang, ada rasa deg-degan, karena acara upacara ini adalah upacara formal. Juga ada rasa bangga karena bisa membangkitkan citra Tim Paskibra di mata SMART Ekselensia,” ungkap Ilham, selaku Ketua Tim Paskibra.

+DUA BELAS DETIK - BIMO PRIYOYUDO-

Comments