Bersih-bersih Sekolah di Hardiknas

Relawan "bersih-bersih sekolah 2015" (foto: Dok. KFP)

"... Semua peserta bersih-bersih sekolah diharapkan mempersiapkan diri ke tempat yang akan dituju." itulah sepenggal arahan yang disamapaikan oleh panitia bersih-bersih sekolah 2015.

Sabtu (2/5) puluhan siswa SMART Ekselensia serta beberapa karyawan Dompet Dhuafa yang tergabung dalam Komunitas Filantropi Pendidikan melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan dan memperbaiki beberapa sekolah dasar di berbagai wilayah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Setiap peserta dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan sekolah yang akan dituju. Dalam satu kelompok dibagi menjadi 3-6 orang untuk menyukseskan kegiatan ini.

Pada rencana awal dijadwalkan kegiatan akan dimulai pada pukul 7 pagi, tetapi baru dapat dilaksanakan pada pukul 8.30 pagi. Salah satu sekolah yang akan dituju adalah MI Nurul Huda. Pada awal kedatangan, relawan "bersih- bersih sekolah" disambut oleh para guru dan murid MI tersebut. Sebelum acara dimulai, para relawan memperkenalkan diri dan mempersiapkan siswa MI yang akan dipimpin untuk melaksanakan kerja bakti sekolah. Setiap murid dibagi menjadi kelompok berdasarkan kelas. Pada saat pertama memasuki kelas yang akan dibersihkan, kelas tersebut cukup kotor dan tedapat bagian yang rusak. Setiap siswa MI membawa peralatan kebersihan pribadi seperti; sapu, kainpel, dan cangkul untuk membersihkan rumput liar di sekitar MI. "Banyak sekali debu dan jendela yang rusak di dalam kelas " ucap salah satu relawan yang membantu membersihkan kelas. setiap relawan ada yang membantu menyapu, mencangkul dan mengecat ruangan perpustakaan SD.

Setelah selesai membersihkan sekolah MI, para siswa MI dikumpulkan untuk kemudian pulang kembali ke rumah masing-masing. Para relawan kebersihan kemudian bekumpul untuk kembali ke Bumi pengembanagan insani. Para guru dan siswa memberikan ucapan terima kasih kepada para relawan yang telah membantu dalam program "bersih-bersih" di sekolah tersebut. Para relawan kemudian kembali dengan membawa semangat baru untuk saling menjagi kebersihan di mana pun dan kapan pun.

+DUA BELAS DETIK - SYAHRIZAL RACHIM-