Tebar Kebaikan Sambut Bulan Ramadhan

Tak terasa waktu berlalu dengan cepat. Menginjak hitungan beberapa hari saja kita akan menyambut bulan Ramadhan. Tentu saja, ini adalah momen istimewa bagi umat muslim ini juga dinantikan oleh siswa SMART Ekselensia Indonesia. Beberapa kegiatan juga di agendakan bagi siswa menjelang kedatangan bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya adalah kegiatan Kemah Bakti 2015 bagi siswa kelas 3 dengan membersihkan salah satu rumah Allah di desa terdekat.

Sebelumnya kegiatan tersebut direncanakan akan diadakan di salah satu panti asuhan. Telah diizinkan pula dari pihak panti asuhan untuk menginap sejak Jumat sore (29/5) sampai dengan Sabtu siang (30/5). Sayangnya, agenda tersebut berbenturan dengan Ujian Kenaikan Kelas yang dilaksanakan pada hari Senin (1/6). Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa siswa mengajukan untuk memajukan waktu pelaksanaan Kemah Bakti menjadi hari Ahad (24/5). Oleh karena itu, Ustaz Sriyono beserta Ustaz Syaiful selaku wali asrama kelas 3 mencari tempat lain yang dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan Kemah Bakti. Pilihan pun tertuju pada salah satu masjid di wilayah Desa Kalisuren, RT.01/RW.09 yang bernama Masjid Al-Istiqomah.

Pada hari Minggu (24/5), seluruh siswa berkumpul di lapangan upacara untuk mendapat pengarahan dari wali asrama. Kemudian, mereka menuju ke masjid tersebut dengan panduan beberapa siswa yang mengetahui lokasi masjid tersebut. Sesampainya di masjid tersebut, mereka melepas penat sesaat sebelum mendapat informasi selanjutnya.
 
Siswa kelas 3 SMART EI bersiap untuk melaksanakan kegiatan kemah bakti (foto: Dok.S'Detik)
Setelah mendapat peralatan kebersihan, mereka bergegas melaksanakan tugas mereka. Seluruh siswa tampak menikmati acara tersebut. Beberapa siswa terlihat bergantian menghentak karpet masjid tuk mengebas karpet masjid yang berdebu. Ada pula siswa yang fokus dalam mengecat pagar masjid hingga tak menyadari baju ataupun rambutnya terkena cat. Terlihat pula segelintir siswa yang tidak sabar menunggu giliran menyiangi rumput dengan gunting pemotong rumput hingga mencabuti rumput dengan tangan sendiri.

Siswa kelas 3 SMART EI bersamangat untuk membersihkan pagar halaman masjid (foto: Dok.S'Detik)

Sangat senang membuat orang senang. Semoga mendapat pahala dari Allah karena membersihkan rumah-Nya,” ucap Muhammad Fahri selaku Ketua Kemah Bakti 2015.

Antusias siswa dalam membersihkan halaman masjid (foto: Dok.S'Detik)
Acara membersihkan masjid tersebut berakhir sebelum waktu salat zuhur tiba. Seluruh peserta pun beristirahat dan memakan snack yang telah disediakan panitia. Sesaat sebelum kembali ke asrama, seluruh peserta termasuk Ketua DKM dan warga sekitar mendengar penutupan acara yang disampaikan oleh Ustaz Sriyono. Penutupan tersebut diakhiri dengan acara berfoto bersama. Setelah sesi foto bersama, pihak SMART berpamitan sebelum kembali ke asrama.Semoga lain waktu dapat dialihkan ke tempat yang lain.” Pesan Pak Junaedi sebagai Ketua RT 01 singkat.
+DUA BELAS DETIK - M. AZIZ NURHIKMAH-