Berpisah Demi Satu Tujuan


“Gaudeamus igitur......Juvenes dum sumus...”


Lantunan lagu Gaudeamus  akan kembali menggema di Kampus SMART EI mengiringi sebuah prosesi  wisuda. Tak terasa sepertinya baru setahun yang lalu lantunan Gaudeamus menyapa kampus ini. Namun, ini merupakan hal wajar,  sebab SMART EI selalu melaksanakan prosesi wisuda setiap tahunnya tanpa pernah absen semenjak tahun 2008. Ini yang ketujuh kalinya SMART EI menyelenggarakan wisuda, hampir semua sama, tak ada yang berbeda. Tahun ini pun sama, dengan panggung yang sama, penampilan-penampilan yang sama. Hanya ada satu yang berbeda, yaitu angkatan yang akan diwisuda, Angkatan Tujuh SMART EI atau INDIERS yang merupakan akronim dari Indonesian Leaders, sapaan yang kerap digunakan.

Jauh-jauh hari sebelum wisuda, terdengar beberapa alunan alat musik.  Mulai dari biola, angklung, gambang, pianika, gitar, dan yang lainnya, tengah menghiasi  siang hari di Kampus SMART EI. Ya, mereka adalah tim ensamble yang tengah mempersiapkan penampilan terbaiknya untuk ditampilkan dalam acara wisuda angkatan ketujuh, INDIERS, begitulah sering disapa.

 “Habis latihan lagu Manuk dadali” ucap Aziz salah satu anggota tim ensamble saat ditanya tim jurnalistik usai latihan yang berlangsung minggu (31/5) dari siang hingga sore.


 Tim ensemble, merupakan tim yang baru beberapa bulan lalu melakukan regenerasi, kini telah menguasai sedikitnya lima lagu yang akan dimainkan di depan para wisudawan dan tamu yang turut hadir.
Selain tim ensemble, seperti tahun-tahun sebelumnya tim Saman rencananya juga akan unjuk gigi dalam pagelaran wisuda tahun ini. Hanya saja tim saman belum memulai latihannya karena ada beberapa kendala dan halangan. Tim saman saat ini terdiri dari kelas dua SMP SMART EI. Kemungkinan besar latihan saman akan dilaksanakan seminggu sebelum prosesi wisuda dilakukan.



Selain tim ensamble dan tim saman yang akan menampilkan keindahan permainan mereka dan menunjukkan kualitasnya didepan para tamu undangan di acara wisuda kali ini, saat wisuda pun akan ditampilkan tim paduan suara yang akan menyanyikan beberapa lagu seperti Mars SMART, Gaudeamus, dan beberapa lagu tambahan lainnya. Tak jauh berbeda dengan tim saman, tim paduan suara juga akan memulai latihan satu minggu sebelum prosesi karena memang latihannya tak sesulit ensamble. Hanya tinggal menghapal lagu dan menyesuiakan nadanya.

 Ketiga penampilan itu memang penampilan “wajib” saat wisuda, sejak beberapa tahun belakangan. Meski waktu latihan sangat dekat dengan ujian kenaikan kelas. Semangat ketiga tim tersebut tidak turun, demi menampilkan yang terbaik untuk kakak wisudawan yang akan diwisuda 13 Juni mendatang. Terlebih, karena acara ini hanya dilaksanakan setahun sekali.

 Perlu diingat bahwa untuk menggelar prosesi wisuda ini butuh perjuangan dan pengobanan yang besar. Dimana buku adalah teman, pulpen adalah kebutuhan, nasehat adalah panduan, bacaan adalah cemilan dan doa adalah sebuah kekuatan. Itulah yang diajarkan SMART EI agar siswanya mencapai prosesi wisuda ini. Wisuda bukan hanya untuk euforia semata, melainkan sebagai pintu yang harus dilewat oleh siswa SMART untuk memasuki dunia yang sebenarnya dan memiliki lebih banyak tantangan serta hambatan.

 Sebelumnya angkatan tujuh (INDIERS) melaksanakan UN (Ujian Nasional) dan menyelesaikan Karya Ilmiah Siswa SMART EI atau yang biasanya disingkat KISS sebagai syarat kelulusan dari SMA SMART EI. Semua  rintangan itu berhasil mereka tempuh dengan satu tujuan yang sama yaitu melanjutkan masa depan di perguruan tinggi negeri untuk meraih kesuksesan masing-masing.

Ada satu langkah lagi yang harus dilewati, yaitu masuk ke perguruan tinggi dan merupakan sebuah langkah yang cukup berat untuk dicapai, karena itu segala macam persiapan mereka lakukan mulai belajar seharian, menginap di masjid untuk belajar, learning camp, hingga mengerjakan dan membahas soal-soal SBMPTN tanpa pernah bosan ataupun mengeluh, sekali lagi semua itu hanya untuk  satu tujuan yang sama, yaitu melanjutkan masa depan di perguruan tinggi negeri untuk meraih kesuksesan masing-masing. Karena itulah SMART EI didirikan dan dibentuk, demi kebaikan bersama.

+DUA BELAS DETIK - FATHUR-