Jelajahi Ragunan Bareng Goodreads





Di Minggu yang lalu sembilan orang siswa kelas satu SMP SMART Ekselensia Indonesia diundang mengikuti “Jelajah Schmutzer” bersama Goodreads Indonesia di Pusat Primata Schmutzer, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. Tulisan ini dibuat oleh salah seorang peserta, Muhammad Misriannur
 Sembilan siswa yang terpilih mengikuti Jelajah Schmutzer mempersiapkan diri dan keperluan untuk keberangkatan menuju Jakarta. Kegiatan ini merupakan perpaduan antara indahnya pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan kegiatan berekreasi. Tujuan kegiatan ini adalah memperluas wawasan siswa mengenai ilmu pengetahuan khususnya tentang animalia atau hewan. Jadi, bisa dibilang belajar sambil bersenang-senang.

Ustazah berharap besok kalian dapat tepat waktu berkumpul di lapangan parkir pukul 06.30ucap Ustazah Vera kepada kami satu hari sebelum keberangkatan.

Karena terlambat, kami menyangka mobil sudah siap untuk jalan. Nyatanya, mobil yang kami tumpangi juga baru tiba di lapangan parkir. Kami berangkat menggunakan mobil ELF milik lembaga menuju ke Jakarta. Tak terasa, kami telah tiba di lokasi. Di Ragunan, kami langsung bertemu Ustazah Vera yang telah menunggu. Kemudian kami langsung masuk menggunakan E-ticket yang penuh dengan gambar binatang. Kami pun berjalan santai sambil melihat berbagai hewan yang dipertontonkan kepada para pengunjung.

 Di depan pintu masuk, kami melihat sebuah bagian yang penuh dengan air. Di sana kami melihat hewan pertama untuk hari itu, Burung Pelikan. Beberapa Pelikan terlihat santai di pinggiran kolam. Di dekat kandang burung Pelikan itu, kami berfoto dengan background kandang burung Pelikan. Kami kembali berjalan dan melihat patung Orang Utan yang sedang menggendong anaknya. Jalan lagi dan akhirnya kami sampai di tempat berkumpul para penjelajah dari sekolah lain.

 Di sinilah awal petualangan kami yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Seusai pembagian kelompok, kami menunggu di luar area khusus primata dikarenakan panitianya masih menyiapkan acara. Setelah selesai, setiap kelompok dianjurkan berfoto terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam. Berfoto selesai, kami pun bergegas masuk ke dalam tempat para primata.
 Penjelajahan pun di mulai. Beberapa siswa memilih melewati jembatan dan sebagian yang lain memilih melewati goa dan beberapa  jalur lain yang tampaknya menambah antusiasme para peserta.

 Kami melihat seekor gorila yang tampaknya sedang tertidur lelap di dalam sebuah goa kecil. Kami terus melanjutkan perjalanan, melewati banyak kandang hewan dari seluruh Indonesia. Siamang, Beruk, Monyet Ekor Panjang, Simpanse dan masih banyak lagi. Hingga perjalanan kami terhenti sejenak di sebuah gua yang sangat gelap. Di dalam gua, sebuah kandang yang dibatasi oleh kaca terlihat beberapa ekor Orang Utan dari Pulau Kalimantan.

     Kami berjalan keluar dari gua tersebut. Setelah puas menjelajah ratusan primata, kami mengambil tas ditempat penitipan barang dan  melewati pintu keluar.

    Kami pun beristirahat dan menyantap hidangan makan siang di taman beralaskan sebuah spanduk besar. Seusai makan siang, seluruh peserta bermain games yang mengharuskan membuat kelompok baru. Games tersebut mengasah kekompakan kelompok. Selesai main games kami semua diberi goodybag yang berisikan makanan dan buku. Selesai acara, kami -siswa SMART- melaksanakan salat Ashar di masjid. Salat selesai, kami pun meninggalkan Ragunan. Kami pun tiba di SMART, senang rasanya bisa mengunjungi Ragunan.
+DUA BELAS DETIK - MISRIANNUR-